JM Music & Dance Course (JMMDC)

Kategori

2012 Agama Akreditasi Al Qur'an Alumni SMAN Pintar Ane Ahira Aneh Anisa Skin Care Annisa Skin Care Anti Virus Arminareka Perdana Artikel ARTIKEL ANNE AHIRA Artikel Pendidikan Artikel Seni Award Bahan Ajar Seni Musik Bahan Ajar Seni Teater Bahasa Inggris Bahasa Jerman Banner Bengkalis Berita Berita Duka BIMTEK SENI Biografi Bisnis Bisnis Online Bisnis Online Succes Blog Blogger BOS BROADCASTING Budaya Kuansing Bupati Kuansing Candi Borobudur Computer Dejavu + Band Design Blog Design Kostum Dinas Pendidikan Kuansing Doa Download Duka E-KTP Encore Facebook FLS2N Fokus Formasi CPNS Formulir Pendaftaran Forum Guru Seni SMP SMA Provinsi Riau Google Green Teacher Grup Musik Kuansing Guru H. Sukarmis Hari Besar Humas Humas SMAN Pintar Hut Hymne Idul Adha Indonesia Instrument ISI Padangpanjang Islami IT Jakarta JALUR Jembatan Merah Jembatan Merah Music Dance Course JM 83 STUDIO JM Musik n Sport JM Studio JMMDC Juara Juara Design Juara SMAN Pintar Kab.Kuansing Kantor Perwakilan Teluk Kuantan Kegiatan Seni Kegiatan SMAN Pintar Keluarga Komunitas Kuansing Kosmetik Herbal Kostum Tari Kreatiftas Seni KS TV (KUANSING TV) KTP Elektronik Kuansing Kuansing Terkini Kuantan Hilir Kuantan Singingi Kuantan Singingi. Kuansing Kuantan Tengah Kursus Musik Kursus Tari Labersa Waterpark Lebaran Logo Lomba Seni Musik Mading Online Mars Masa Orientasi Siswa Materi Seni Budaya membuat Website Mid Semester Minangkabau MOS Motivasi Musik musik klasik MVKS Narkoba Nasional Notasi Objek Olimpiade Sains Nasional Olimpiade Sains Nasional Kabupaten Olimpiade Sains Nasional Provinsi Orchestra Indonesia Orflame Oriflame OSIS OSN P4TK Seni Budaya Pacu Jalur Paduan Suara Pagaleran Karya Seni Tari PAKASERI PAKASERU Pameran Pameran Karya Seni Rupa Pariwiasata Paskibraka 2010 Pawai Budaya Pekanbaru Pemimpin Pendidikan Pengawas Pengembanga Diri Penghargaan Pengumuman Perguruan Tinggi Negeri PGRI Photograpy PIN PNS PON Portal Online PPDB SMAN PINTAR 2013 Prestasi Seni Prestasi SMAN Pintar Prestasi SMAN Pintar 2011 Produk Profil PROFIL SMAN FINTAR PROMOSI PT. Arminareka Perdana Ramadhan Riau Riaupos RPD RSUD Sahabat Sang Perintis Sanggar Seni Kuantan Mekar - SSKM Sanggar Seni Seraja Kuantan Sanggar Seni Seroja Sanggar Tari seni Seni Budaya Seni Film Seni Musik Seni Rupa Seni Sastra Seni Tari Seni Teater SEO Siswa Siswa Baru SMAN Pintar Siswa SMAN Pintar SMA Pintar SMAN 1 Sentajo Raya SMAN 2 Teluk Kuantan SMAN Kuansing SMAN Pintar SMS Gratis SMS Ramadhan Software Sosial Budaya Studio Musik Sukses Tahun Baru Tangga Lagu Tausiyah Teacherpreuner Teluik Kuantan Teluk Kuantan Terus Maju Dalam Berusaha THR Tips Trik TMII Toko TOKO JEMBATAN MERAH Tradisional Tulisan Tulisanku Ucapan Ujian Nasional Ujian Semester Umroh & Haji Plus Unik Universitas Video Violino Ridho P Visi Misi Website Wisata Kuantan Singingi Wisata Riau YeyenFebrina Yogyakarta

Welcome My Blog

Ronaldo Rozalino S.Sn
PERPADUAN PENDIDIKAN SENI DAN IT MEMBUAT AKTIF KREATIF INOVATIF SISWA
Berawal dari keinginan untuk tetap berkarya dalam dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan media Informasi Teknologi saya mencoba mengkolaborasikan Pendidikan yang saya geluti yaitu Seni Budaya, Dipadukan dengan Informasi Teknologi (Internet). Bidang yang saya ajarkan dalam pembelajaran di SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi adalah Seni Budaya. Pembelajaran yang berkaitan dengan IT sangat erat sekali. Karena setiap apa yang dikerjakan selalu menggunakan media Komputer (Laptop).
Misalnya saat siswa diberikan tugas yaitu pembuatan presentase mengenai sejarah musik. Membuat dengan menggunakan Power point dengan mencari dengan bersumber Internet. Lalu kemudian tulisan tersebut di publish kembali ke media blog.
Seni dan Blog adalah dunia yang berbeda namun sangat memiliki peran penting bagi siswa. Saat perkembangan IT telah berkembang pesat, siswa telah banyak yang terlena dengan hal hal sifatnya jejaring sosial. Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya selaku guru bidang studi seni budaya SMAN Pintar, berusaha mengaktifkan siswa dengan mewajibkan memiliki blog setiap siswanya. Sehingga dengan memiliki blog, siswa dapat menuangkan ide gagasan dan karyanya yang bersifat artistik misalnya karya sastra puisi, cerpen, karya musiknya , serta karya seni rupanya kedalam media blog. Sehingga harapan setiap guru, tentunya siswa dapat kreatif (menghasilkan sesuatu) dari kerja proses kreatifitas yang dilakukan.
Setelah keaktifan dan kreatif telah dimiliki tentunya siswa akan termotivasi untuk menginovasikan karya seni nya dengan hal hal yang baru dan dapat memupuk mental percaya diri dalam berkarya dan menghasilkan produk berkualitas. Seperti adanya kompetisi Seni Desain Blog yang terus dilaksanakan setiap tahun se Provinsi Riau, adalah wadah siswa untuk menyalurkan bakatnya dalam Seni Design dan dunia Blog.
Dengan adanya pendidikan karakter bangsa. Setiap guru dan siswa diharapkan dapat terus mengasah skill dan kelimuannya untuk terus dan terus belajar. Sehingga harapan dari pendidikan saat ini akan terlihat dengan kualitas dan kreeatiftas siswa dengan terus diwadahi dan difasilitasi dengan sarana parasarana sesuai dengan kemampuan sekolahnya. Kalo pun siswa tidak bisa mengakses IT di sekolah. Tentunya siswa bisa mengusahakan untuk mencari hal hal terbaru dari pembelajaran IT dengan memadukan pembelajaran seni. Hal yang demikian sudah diterapkan pada sekolah SMAN Pintar Kabupaten Singingi, semenjak di dirikannya bulan juni 2007. Sehingga guru dan siswa terus aktif menggunakan blog yaitu IT dalam media pembelajaran. Dan tentunya siapapun bisa mengakses setiap keilmuan yang berbeda. Seperti blog saya ronaldorozalino.blogspot.com , berisi mengenai pendidikan, seni, mengajarkan bisnis, dan motivasi.
Semua itu sebenarnya kembali kepada guru dan siswa, karena era perkembangan seni dan teknologi terus mengalami kemajuan yang pesat. Bila lengah dalam pembelajaran, yakin dan percayalah. Guru dan siswa itu sendiri akan kalah bersaing oleh kemajuan IPTEK SAINS SENI yang mendunia. Saya berharap setiap siswa misalnya SMA/SLTA sederajat memiliki blog sebagai sarana mediasi tulisan mengenai ilmu dan skillnya. Peran guru untuk memotivasi sangat penting karena tanpa motivasi dan pembuka cakrawala mengenai seni desain blog, siswa akan terlihat Gaptek. Jangan hanya bisa bermain facebook, namun malas dan menutup diri untuk berkarya seni melalui blog yaitu IT. Apa yang siswa laksanakan saat ini, sesungguhnya beberapa tahun kemudian akan dibuktikan dengan hasil yang kita tiada ketahui. Semoga berkah dan kebaikan buat guru yang aktif kreatif inovatif kepada siswa atau terdidiknya. SALAM AKTIF KREATIF INOVATIF.
(Tulisan ini telah Publish di Media Koran Riaupos, Pada Hari Minggu, 18 Desember 2011,  Kolom Guru Menulis, Dengan Judul Perpaduan Seni dan IT Membuat Kreatif Siswa)
Biodata Diri
clip_image003
Nama : Ronaldo Rozalino S.Sn
Instansi : SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau
Pekerjaan : Guru SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau
Hobi : Menulis, Membaca, Ngeblog , Seni Musik, Seni Fotografi, Seni Videografi
Editing Video, Broadcasting, Internet, Online.
Minat : Pendidikan, Seni, Bisnis, Musik, Menulis, Internet, Jurnalistik
HP : 085363554777
Email : ronaldorozalino@gmail.com, ronaldorozalino@yahoo.com
Blog : http://ronaldorozalino.blogspot.com http://ronaldorozalino.wordpress.com
Alamat : Perumahan Dinas SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi
Motto : 3 T , Tekun Tabah Takwa (Semoga bisa menjalani dengan baik, Amin)

KIik Disini Untuk Download Tulisan Versi PDF
3 Responses
  1. Sebagai seorang pelajar harus mampu melawan rasa malas demi cita-cita yang kami impikan. Tetap semangat belajar. Hidup pelajar Indonesi..!!


  2. Assalamualaikum Bapak.... Mudah-mudahan rahmat dan karunia Allah selalu tercurah kepada Bapak dan keluarga.. Amiin ya rabbal alamin...

    Alamat blog bapak sudah saya pasang di http://adisartono.blogspot.com sebagai Blogger Master......


  3. @Dwi Adi Sartono...Ya benar, kemalasan akan merusak prestasi yang telah Ananda jalani. Terus berkarya di Dunia IT nya,,,oke


Posting Komentar

Komentar ya

Best Friend