*PERTAMA DAN UTAMA DALAM BISNIS*
Dalam menjalankan bisnis, kita harus pintar-pintar mengatur jalannya bisnis. Jangan hanya terfokus pada hasil tapi proses jalannya bisnis harus benar-benar di perhatikan. Mulai dari perekrutan mitra bisnis sampai mempertahankan bisnis agar tetap eksis.
Berbisnis tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Terkadang rencana sudah matang tapi banyak masalah di tengah jalan. Bagaimana untuk mempertahankan bisnis, terutama bisnis yang berhubungan dengan kemitraan. Seperti komunitas bisnis yang kita jalankan saat ini. Ada 2 langkah agar bisnis tetap eksis: PERTAMA dan UTAMA.
*PERTAMA*
Pertama kepanjangan dari pertahankan mitra dan kita sering menyebut _retain_ . Berikut ini cara yang terbukti efektif dalam membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan mitra.
*1. Informatif*
Jadilah _brand_ yang memberikan informasi. Pastikan semua narasi yang kita sebarkan memberikan pengetahuan baru dan menarik bagi mitra. Membangun hubungan dengan mitra dalam hal memberikan informasi, selalu gunakan narasi yang lugas, padat, dan tepat sasaran.
*2. Responsif*
Leader yang baik adalah yang selalu memberikan respon yang cepat ketika mitra menghubunginya. Membangun hubungan dengan mitra dalam hal ini, misalnya dengan menjawab komen yang mitra sampaikan melalui kontak media sosial, email, bahkan telepon.
*3. Solutif*
Ingatlah bahwa responsif harus senantiasa solutif. Jangan hanya sekadar cepat memberikan respon kepada mitra, tetapi berikanlah respon yang membantu. Apalagi saat pelanggan menyampaikan keluhan, kritik, atau pertanyaan atas sebuah masalah yang berhubungan dengan produk kita.
*4. Garansi pada produk*
Semua _brand_ bisa memberikan layanan penjualan yang bagus. Mereka bisa membujuk mitra sedemikian rupa agar mau membeli produk yang dijual. Sayangnya, tidak semua _brand_ kemudian bisa memanjakan pembeli setelah proses pembelian.
Padahal, layanan garansi produk sangat menentukan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap _brand_ kita. Jika produk bagus namun layanan selepas penjualan kita buruk (tidak responsif, tidak solutif, bahkan terkesan lepas tangan), sudah pasti pelanggan akan kecewa dan mungkin tidak ingin menggunakan produk kita lagi.
*5. Testimoni*
Testimoni adalah ulasan pengalaman jujur pelanggan atau mitra terhadap produk kita. Membangun hubungan dengan pelanggan dengan testimoni ini menjadi masukan yang sangat penting untuk evaluasi _brand_ kita. Begitu pentingnya testimoni, kita harus rajin memintanya dari pelanggan baik lama maupun baru.
*6. Interaktif*
Interaktif artinya aktif berinteraksi dengan mitra. Dengan aktif berinteraksi, kita membuat mitra merasa dekat dan diperhatikan oleh kita. Mitra bahkan bisa merasa menjadi teman atau bahkan saudara kita melalui bisnis ini.
*7. _Giveaway_*
_Giveaway_ merupakan sebuah bentuk apresiasi _brand_ kepada pelanggannya. Apresiasi ini umumnya berbentuk pemberian hadiah dengan syarat tertentu. Kita bisa mengadakan _giveaway_ ini secara acak, atau saat merayakan sesuatu. Misalnya saat merayakan tercapainya 1 juta _followers_ , merayakan ulang tahun _brand_, merayakan hari besar, dan lain-lain.
*UTAMA*
Utama adalah usahakan untuk rekrut mitra. Mengapa? Dengan rekrut mitra, bertujuan untuk mengantisipasi mitra yang tidak berprestasi atau mitra yang berhenti di tengah jalan. Kalau tidak di antisipasi dengan dini, ketika banyak mitra rontok otomatis penjualan kita ikut turun dan bisa berakibat bisnis tidak jalan atau malah bangkrut. Berikut ini ada 5 tips untuk rekrut mitra terbaik:
*1. Mengenali mitra yang potensial*
Mitra yang potensial bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu, layanilah setiap konsumen dengan optimal. Siapa tahu orang-orang potensial tersebut bisa menjadi mitra kita.
*2. Produk berkualitas*
Produk yang berkualitas merupakan salah satu kunci penjualan yang sukses. Oleh karena itu, sebagai pengusaha, sebisa mungkin hanya selalu menyediakan produk-produk yang berkualitas. Dan bersyukur banget produk kita sudah premium.
Jika kita konsisten hanya menjual produk yang berkualitas, maka konsumen akan kembali membelinya lagi. Kemungkinan juga akan mengajak teman-teman mereka untuk membelinya di toko online kita.
*3. Produk favorit*
Menjual produk berkualitas namun hanya sedikit peminatnya maka tidak akan mampu mengembangkan bisnis kita. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memiliki usaha, lakukan riset pasar terlebih dahulu terhadap produk-produk yang akan dijual. Kemudian pastikan bahwa produk tersebut merupakan produk favorit atau memang diperlukan oleh banyak orang.
*4. Keuntungan menjadi mitra*
Ketika merekrut mitra, pastikan kita memberikan keuntungan-keuntungan yang menarik untuk membuat mereka yakin. Hal ini karena seorang mitra juga membutuhkan keuntungan dari hasil usahanya. Oleh karena itu, mereka akan memilih dengan cermat, tempat mereka mengambil barang agar bisnis mereka berjalan dengan lancar dan mendapat keuntungan yang besar.
Misalnya dengan memberi harga khusus mitra dan memberikan bonus untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Hal ini tentu saja akan membuat banyak calon mitra potensial mulai tertarik dengan sistem penjualan kita.
*5. Membentuk tim*
Pada dasarnya, mitra merupakan tim marketing yang potensial. Oleh karena itu, jika kita merekrut mitra, jangan lupa untuk membekali mereka cara penjualan yang efektif, strategi _marketing_ yang jitu dan informasi-informasi lainnya.
Intinya, menjaga komunikasi yang baik dengan mitra adalah kuncinya.
Dan bersyukur banget kita berada di komunitas BP ini. Karena apa yang dijabarkan di atas, semua ada di komunitas kita. Tinggal kita mau apa tidak berusaha dan berjuang dalam bisnis ini. Semua sudah ada, _founder_ super fokus, mentor terbaik, produk _premium_ dan bergaransi. Semua tergantung kita, jadi pebisnis sukses atau hanya jadi penonton sukses.☺️
Demikian sharing pagi ini. Semoga jadi solusi bagi teman-teman.
*SOLUSI (Soleh-Susi)*di teruskn Ronaldo Rozalino