Welcome My Blog

22
Agu
Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd


Koneksi Antar Materi Modul 3.2 

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd

CGP Angkatan 10 Kab. Kuansing, Riau

SMA Negeri 1 Sentajo Raya

 

Tujuan: CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul- modul yang didapatkan sebelumnya.

 

Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan  bagaimana  Anda bisa  mengimplementasikannya  di  dalam  kelas,  sekolah,  dan masyarakat sekitar sekolah.

 

a) Sumber daya suatu komunitas (dalam hal ini sekolah) adalah bagian integral. Seorang pemimpin harus dapat mengelola sumber daya ini dengan baik. Membangun, mengembangkan, dan memajukan komunitas bergantung pada pemanfaatan sumber daya yang ada dalam komunitas. Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ini harus berpusat pada siswa dan menguntungkan mereka. 

b) Komponen biotik dan abiotik ekosistem sekolah saling bergantung dan saling berhubungan, menciptakan ekosistem yang seimbang dan dinamis. Keberhasilan sekolah dalam mencapai visi dan misi, termasuk kegiatan pembelajaran, bergantung pada hubungan yang baik antara kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, orang tua, pengawas sekolah, dan masyarakat sekitar. Hubungan yang baik ini juga mempengaruhi komponen abiotik sekolah, seperti keuangan, sarpras, dan lingkungan.

c) Pemimpin pembelajaran harus mengelola tujuh modal utama sekolah secara efektif sebagai aset dan kekuatan. Modal manusia, modal sosial, modal agama dan budaya, modal politik, modal lingkungan, modal fisik, dan modal finansial adalah tujuh modal utama sekolah. Pemimpin pembelajaran harus selalu menerapkan pendekatan berbasis aset dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menggali potensi dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

 

Jelaskan  dan  berikan  contoh  bagaimana  hubungan   pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.

a) Pembelajaran yang lebih baik dan lebih berpusat pada peserta didik dapat dicapai melalui pengelolaan sumber daya yang tepat. Pengelolaan modal utama manusia (dalam hal ini guru dan tenaga kependidikan) bersama dengan peningkatan kompetensi guru melalui workshop, diklat, dan seminar pembelajaran dapat membuat pembelajaran di kelas semakin inovatif dan berkualitas. Selain itu, tenaga pendidik yang berpengalaman memiliki kemampuan untuk mengatur sekolah dengan baik dan tertib. Orang tua, pengawas, dan masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan pengalaman lebih lanjut kepada siswa tentang keterampilan hidup.

b) Modal sosial dapat dicapai melalui kerja sama antar rekan sejawat guru. Kerja sama ini memungkinkan pembelajaran yang aktif, inovatif, dan menyenangkan, serta saling berbagi praktik baik untuk memberikan inspirasi untuk kegiatan pembelajaran yang lebih baik. Untuk menumbuhkan budaya positif dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, dan kondusif, aturan dan tata tertib sekolah dibuat. 

c) Pengendalian modal agama dan budaya melalui kebiasaan: kebiasaan yang baik dapat membantu menumbuhkan siswa yang bermoral, sehingga pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan lancar. Modal fisik, yang mencakup infrastruktur dan bangunan yang dikelola dengan baik, dapat membuat lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa. Pemimpin yang bertanggung jawab atas modal politik Kebijakan: Kebijakan yang diambil harus membantu belajar. Modal lingkungan digunakan oleh siswa sebagai sumber pembelajaran mereka untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan mendorong kreativitas dan pemikiran kritis. Anggaran sekolah yang diperlukan dapat dipenuhi dengan cara yang tepat, efisien, dan efektif melalui pengelolaan modal finansial yang diatur dengan aturan yang jelas. 

Ini adalah contoh implementasi langsung.

1. Di dalam ruang kelas

a) Memanfaatkan ruang dan fasilitas kelas secara efektif dan efisien untuk kegiatan pembelajaran b) Memberikan ruang kreatifitas kepada siswa

c) Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam pengelolaan sumber daya kelas

d) Menggunakan sumber daya keuangan untuk memenuhi kebutuhan kelas

 

2. Di sekolah

a) Berkolaborasi dengan warga sekolah mengenai pemetaan aset sekolah untuk kegiatan pembelajaran

b) Membentuk komunitas belajar

c) Menggunakan sarana prasarana yang ada untuk mencapai tujuan sekolah

d) Secara efektif memanfaatkan modal finansial untuk pembiayaan program sekolah

 

3. Di sekitar sekolah

a) Menjalin hubungan dengan komunitas

b) Membentuk komite sekolah

c) Bekerja sama dengan institusi di sekitar sekolah untuk mendukung program sekolah

Pada dasarnya, sekolah, masyarakat sekitar, dan kelas adalah sumber daya yang dapat dikelola dengan baik berdasarkan kekuatan dan potensi masing-masing. Namun demikian, keduanya juga harus menjadi sasaran untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada.

 

Sebelum menerapkan pengelolaan sumber daya, CGP harus memetakan atau mengidentifikasi tujuh aset sekolah bersama dengan cara untuk menggunakannya. Modal manusia, modal fisik, sosial, lingkungan/alam, keuangan, politik, agama, dan budaya adalah ketujuh aset.
Banyak hal terkait jelas diperlukan agar implementasi berhasil. Di antaranya termasuk perencanaan kegiatan yang cermat, kerja sama dengan kepala sekolah, pemetaan aset sekolah, diseminasi kepada karyawan melalui pelatihan menggunakan blog, dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Implementasi di kelas disesuaikan dengan kekuatan dan potensi murid dalam proses pembelajaran. Strategi didasarkan pada kebutuhan dan potensi murid untuk membuat suasana kelas yang menyenangkan. bukan hanya di kelas tetapi juga di lingkungan sekitar kelas sebagai sumber belajar. Untuk saat ini, implementasi di institusi pendidikan dilakukan dengan duplikasi kelas contoh yang ada. Selanjutnya, strateginya adalah melalui kolaborasi dengan kepala sekolah dan kolaborasi semua warga sekolah. Diharapkan strategi ini akan menghasilkan budaya sekolah yang positif, dan implementasinya akan menghasilkan kerja sama di masyarakat sekitar. Strategi melalui penyebaran informasi tentang pencapaian sekolah dan membuka kesempatan untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran.

Pengelolaan sumber daya yang tepat akan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi siswa. Jika sesuai, siswa akan senang karena dapat berpartisipasi langsung dalam proses pengelolaan. Selain itu, akan senang menjadi bagian dari proses. Hal ini akan memberi siswa perasaan bahwa mereka adalah aset yang ada di sekolah dan di kelas mereka.

Dengan memiliki ini, mereka akan lebih menghargai dan menjaganya. Kelas akan menjadi lebih baik dalam keadaan seperti ini. Murid akan lebih tertarik untuk belajar jika ada suasana hati yang bahagia dan kelas yang menyenangkan. Pada akhirnya, belajar dengan sungguh-sungguh akan dapat menghasilkan siswa yang berkualitas. Selain itu, jelas bahwa siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai kebajikan yang dipegang saat mengelola aset kelas. 

Oleh karena itu, semua sumber daya yang dimiliki harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

  

Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini  juga  berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan  sebelumnya  selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. 

Kesimpulan tentang pengelolaan sumber daya berikut menunjukkan keterkaitan materi.

Modul 3.1

Mengelola menunjukkan bahwa ada hubungan antara materi pemimpin pembelajaran tentang pengelolaan sumber daya dan materi tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Sebagai pemimpin pembelajaran, mereka harus dapat membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana mengelola sumber daya yang ada di sekolah; jika mereka melakukan keputusan yang tepat, pengelolaan sumber daya juga akan tepat. Selain itu, dengan membuat keputusan yang tepat tentang cara memanfaatkan sumber daya, mereka dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

Dalam proses pembelajaran, seorang guru selalu menghadapi dua situasi: dilema etika dan motivasi moral yang diperlukan untuk mengambil keputusan. Sebagai pemimpin pemimpin pembelajaran dalam pengambilan keputusan yang baik, mereka harus membuat keputusan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat, menggunakan langkah-langkah pengambilan keputusan berdasarkan empat paradigma, tiga prinsip, dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Prinsip ini sangat penting karena sangat berkaitan dengan manajemen sumber daya sekolah.

 

Modul 3.2

Kekuatan dan potensi adalah pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Sekolah dapat memanfaatkan kekuatan dan potensi mereka dengan mempertimbangkan sumber daya mereka dengan positif. Namun, mereka perlu kreatif untuk menggunakan kelemahan mereka sebagai kekuatan.

 

Modul 2.3

Tuntunan menunjukkan hubungan antara materi pemimpin pengelolaan sumber daya dan coaching. Hal ini dapat dilihat pada upaya sekolah untuk mengeksplorasi kekuatan dan potensi siswa sebagai modal manusia. Banyak pilihan yang tersedia. Salah satunya adalah kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan mencari tahu potensi mereka sendiri dengan bantuan guru.

Coaching adalah pendekatan yang digunakan oleh seorang pemimpin pembelajaran untuk membantu anak-anak mengembangkan kekuatan diri mereka sendiri dengan membimbing, mendampingi, dan memaksimalkan potensi mereka. Coachee memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berkembang dan menggali proses berpikir mereka sendiri, di mana Caach berfungsi sebagai pengembangan kekuatan dan potensi coachee sebagai lawan bicara.


Modul 1.1

Dalam materi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, murid adalah representasi dari anak-anak. Berdasarkan filosofi ini, pengelolaan aset akan lebih tepat sasaran dan berpusat pada murid. Sebagai contoh, ini berkaitan dengan upaya untuk membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa.

Dalam filosofinya, Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan adalah "kegiatan menuntun segala kekuatan kodrat yang pada anak-anak agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setingi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat." Dengan memanfaatkan kekuatan guru dan murid, guru harus dapat memimpin pembelajaran dengan cara yang menyenangkan dan berdampak positif pada siswa. Karena siswa bukanlah kertas kosong, tetapi setiap siswa memiliki potensi untuk yang berbeda-beda, dan tugas kita sebagai guru hanya menuntun dan menebalkan . 

 

Modul 1.2

Manusia memiliki hubungan dengan materi nilai dan fungsi guru penggerak. Pengendalian sumber daya dipengaruhi secara nyata oleh nilai guru penggerak. Nilai mandiri, misalnya, memungkinkan guru penggerak untuk belajar sendiri bagaimana mengelola sumber daya mereka sendiri.

Salah satu dari tujuh modal utama, yaitu modal manusia, adalah guru sebagai pendidik. Guru memiliki peran penting dalam mengajar nilai dan memainkan peran penting dalam mendidik siswa. Oleh karena itu, nilai-nilai yang ditetapkan harus menjadi landasan untuk membangun siswa yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, yaitu mereka yang bekerja sama, mandiri, reflektif, inovatif, dan berpihak pada siswa. Guru juga dapat membangun sinergi di sekolah sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid, dengan nilai dan peran guru secara aktif. Dengan demikian, guru akan menciptakan generasi muda yang memanfaatkan modal utama guru untuk menggali potensi murid-muridnya.

 

Modul 1.3

Tumbuh menunjukkan hubungan antara materi visi guru penggerak. Dalam kaitannya dengan materi ini, visi menjadi dasar dalam pengelolaan sumber daya. Memiliki visi yang jelas akan memudahkan dalam menentukan aset mana yang harus diawasi dan diterapkan terlebih dahulu di kelas untuk memastikan bahwa siswa dapat terus berkembang.

Sebagai pemimpin pembelajaran, guru harus memiliki visi guru penggerak yang berbasis IA (Inkuiri Apresiatif) melalui alur BAGJA. Ide ini juga dapat diterapkan untuk mengelola sumber daya yang ada di sekolah. Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi dan landasan berpikir yang berfokus pada kerja sama tim untuk menemukan hal baik dalam diri seseorang, organisasi, dan lingkungannya dari masa lalu, masa kini, dan masa depan.


Modul 1.4

Secara keseluruhan mengacu pada budaya sekolah yang positif. Dengan mengelola sumber daya setiap sekolah, diharapkan budaya positif akan muncul di lingkungan sekolah. Pengelolaan murid sebagai modal manusia dalam membuat kesepakatan kelas, sebagai contoh, pada akhirnya akan memungkinkan murid berkembang seutuhnya jika ada budaya positif untuk membuat kesepakatan kelas di sekolah.

 

Agama dan budaya merupakan kekuatan dan aset. Budaya positif di sekolah adalah budaya yang mendukung perkembangan siswa dengan menerapkan disiplin yang positif, penghargaan dan hukuman sebagai motivasi perilaku manusia, posisi kontrol restitusi, dan keyakinan sekolah dan kelas, sehingga menghasilkan siswa yang kuat di masa depan. Misalnya, mengajarkan murid menyelesaikan masalah dengan cara resitusi akan membangun karakter yang baik untuk masa depannya.

 

Modul 2.1

Kodrat berhubungan dengan materi pembelajaran yang berbeda. Ini terkait dengan pengelolaan aset. Implementasi bahan pengelolaan sumber daya ini disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Perubahan untuk membuat lingkungan kelas menyenangkan adalah salah satu contohnya. Pertimbangkan potensi murid untuk dilaksanakan.

 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang sangat berpihak kepada siswa karena memanfaatkan profil belajar, kesiapan belajar, dan minat siswa yang berbeda sesuai dengan keunikannya. Seorang guru harus membuat pemetaan minat belajar siswa sebelum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jika sumber daya yang ada di sekolah, termasuk guru dan siswa, serta sumber daya lingkungan dan fisik, dioptimalkan, proses pembelajaran akan terwujud.

 

1. Hubungan modul  1  lainnya  dengan  modul  3.2  dapat  dilihat  pada skema berikut.




 2.          Hubungan  modul  2  dengan  modul  3.2



3.          Hubungan  modul  3.1  dengan  modul  3.2



 

Ceritakan  pula  bagaimana  hubungan  antara  sebelum  dan  sesudah Anda  mengikuti  modul  ini,  serta  pemikiran  apa  yang  sudah  berubah di  diri  Anda  setelah  Anda  mengikuti  proses  pembelajaran  dalam modul ini.

 

Sebelum  mengikuti  proses

pembelajaran

Sesudah  mengikuti  proses

pembelajaran

Menurut pendapat saya, aset komunitas (sekolah) hanyalah bangunan fisiknya. Selain itu, saya merasa pesimis dan banyak mengeluh tentang kekurangan tersebut. Akibatnya, saya tidak mau melakukan upaya baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

Saya percaya bahwa sekolah adalah lingkungan di mana organisme biotik dan abiotik harus berinteraksi secara seimbang. Sumber daya sekolah tidak terbatas pada bangunan fisik; ada tujuh kekuatan utama yang dapat dikelola dengan baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

 

 

 

Saya belum memetakan aset sekolah sebelum membaca artikel ini. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa statusnya hanya sebagai seorang guru kelas satu, yang hanya memberikan masukan dalam pengelolaan aset.
Itu juga terbatas.

Tetapi setelah mempelajari modul ini, saya lebih memahami pemetaan sumber daya dan upaya implementasinya. Selain itu, mereka semakin memahami bahwa mereka pada dasarnya dapat terlibat dalam pengelolaan aset sekolah, meskipun mereka tidak termasuk dalam jajaran pengambil kebijakan.

Strategi pengelolaan sumber daya yang berpusat pada murid terutama dikaitkan dengan perubahan pemikiran.

 

 

sebelum membaca dan memahami modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Lebih banyak berpikir tentang kekurangan saat pengambilan keputusan atau mengelola kelas.masalah, hal ini membuat orang merasa pesimis, ragu, dan negatif, dan akhirnya gagal.

 

Wawasan dan cara berpikir tentang pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya ini telah diubah dengan mempelajari modul 3.2 ini. Ditemukan bahwa seorang pemimpin harus selalu berpikir berdasarkan kekuatan atau aset yang mereka miliki untuk membuat kita berpikir positif dan optimis saat memanfaatkan dan memberdayakan sumber daya atau aset yang ada di sekolah dan lingkungan sekitarnya.

 

 

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak, Indonesia Maju

0 Responses

Posting Komentar

Komentar ya

My Bisnis Online & Offline (BP Grup)

Kategori

. Motivasi .Kab. Kuansing .Komunitas BP .Leader Sanggar Seni Kuantan Mekar .Mengulang Kaji .Pengenalan LMS .Sanggar Seni Kuantan Mekar (AI) (Kepala MAN 1 Kuantan Singingi (Kisah Nyata) 1.1.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 10 (SEPULUH) NASIHAT IMAM AS-SYAFI'I 10 Hal 10 KUNCI 𝟏𝟎 𝐋𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐡 𝟏𝟎 pelajaran dari buku 𝐑𝐮𝐥𝐞𝐬 𝐎𝐟 𝐖𝐨𝐫𝐤 10 soal dan jawaban tentang sejarah musik dari era Renaisans hingga modern 13 CARA 13 kutipan 14 Album Dewa 19 (Full): Urutan dan Lagu Hits di Dalamnya! 17 Tahun ku menjalani biduk rumah tangga 2012 2023 2024 3 Bentuk Kesabaran Kepada Allah_Ustadz H. Suhelmon 3 Kunci Sukses 35 soal dan jawaban tentang musik pop 40 soal dan jawaban tentang musik tradisional dari berbagai daerah 40 soal dan jawaban tentang sejarah musik dari era Renaisans hingga modern. 48 Hukum Kekuatan 5 Aplikasi 5 𝙆𝙀𝙈𝘼𝙇𝘼𝙎𝘼𝙉 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝘽𝙀𝙍𝙈𝘼𝙉𝙁𝘼𝘼𝙏 𝙐𝙉𝙏𝙐𝙆 𝙈𝙀𝙉𝙄𝙆𝙈𝘼𝙏𝙄 𝙃𝙄𝘿𝙐𝙋 6 Amalan Yang di Sunnahkan Nabi SAW di Hari Idul Fithri 7 Basic manner dalam kehidupan sehari-hari 7 CARA MENJADI ORANG YANG DIPERHATIKAN SEMUA ORANG 7 TANDA BATINMU LELAH Agama Agama Islam Agen AI Aib Aisyah Akhir Zaman Akhirat Akhlak Akhlak Mulia Akreditasi Akrostik Aksi Nyata Aku Bangga Menjadi Guru Al Qur'an Alami Alat Musik Keyboad Allah Maha Baik Alumni Alumni Pondok Pesantren Alumni SMAN Pintar Alumni SMKN 1 Teluk Kuantan Alumni STM/SMKN 1 Teluk Kuantan Amal Jariyah Amalan Pembuka Pintu Rezeki Amanah Amanat Amanat Upacara Anak Anak Anak Anak Anakku Anak Olah Raga ANAK PONDOK PESANTREN Anak Shaleh Anak Sholeh Anak Yatim Anak-Anakku Ane Ahira Aneh Angkatan 1 Anisa Skin Care Annisa Skin Care Anti Virus Arahan Arangger Aristoteles Arminareka Perdana Arrangger Artificial Intelligence Artikel artikel agama Artikel Agama Islam ARTIKEL ANNE AHIRA Artikel Bisnis Artikel Bisnis BP Artikel BP Artikel Budaya Positif Artikel Edukasi Artikel Islam Artikel Islami Artikel Kehidupan Artikel Keluarga Artikel Motivasi Artikel Musik Artikel Nasihat Artikel Pendidikan Artikel Psikologi Artikel Seni Asesmen Asesmen Pembelajaran Asli Attitude Award Ayah Ayah Edy Ayah Sholeh Ayahnda Azab Baca Baca Doa Bahagia Guru Bahan Ajar Bahan Ajar Seni Musik Bahan Ajar Seni Musik Modern: Eksplorasi Instrumen dan Kreativitas (Kelas XI) Bahan Ajar Seni Teater Bahasa Arab Sehari-Hari Bahasa Inggris Bahasa Jerman Baik Baitullah balada Band Bangga Banner Bapak BEBERAPA FAKTOR AGAR DO'A TERWUJUD Belajar Belajar Agama Belajar Agama Islam Belajar Bahasa Arab Belajar Bisnis Belajar Praktek Belgie Eye Belgie Pro Belgie Pro. Benai Benar Bendera Bengkalis Berbasis Teknologi Berbasis Teknologi Informasi Komputer Berita Berita Duka Berita Sekolah Berjamaah Berkah Berkah Berlimpah Berkarya Berkemajuan Berkualitas Bermanfaat Bernyanyi Bernyanyi Unisono Berpikir Positif Berpikiran Positif Bersabarlah Dalam Membina Biduk Rumah Tangga Bertabur Pahala Berteman Best Practice BGP Riau Bijak Bijak Merdia Sosial Bijaksana BIMTEK SENI Biografi Bisnis Bisnis BP Bisnis Dari Rumah Bisnis Kekinian Bisnis Online Bisnis Online Succes Bisnis Owner Bisnis Pasangan Bisnis Paten Bisnis Percepatan Bisnis Rumahan Bisnis Tanpa Ruko Blog Blogger blues BNN Kab. Kuansing BOCORAN ALGORITMA IG TERBARU BOS BP BP Grup BP Proaktif Brasic Pro Brassic Pro Britis Propolis British Propolis BROADCASTING Budaya Budaya Kuansing Budaya Menulis Bukan Konstruk Kurikulum Buku Buku Antologi Buku Berkualitas Buku Solo Bulan Ramadhan Bulan Ramadhan Adalah Bulan Membaca Al-qur'an dan Sedekah Bully Bullying Bunda Bupati Kuansing Bussiness Owner Leader Buya Yahya Calon Pengusaha Calon Pengusaha Pecinta Qur'an Candi Borobudur Cantik Cara Bernyanyi Menggunakan Diafragma Cara Memainkan CARA MENGHARGAI DIRI SENDIRI DI TAHUN 2025 Catatan Penting Cello Yenroza Putra Ceramah Ceramah Agama Ceramah Agama Islam Cerita Cerita Hikmah Cerita Islami Cerita Motivasi Ceritaku Certified CGP CGP 10 CGP A.10 CGP Angkatan 10 Cinta Cipta Lagu Cipta Puisi Ciptaan Ismail Marzuki Ciri-ciri ClassPoint Coach Coaching COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK Coffe Jenna Competence Composser Composser Arrangger Song Composser. Arrangger Computer Contoh CONTOH ADAB MEMELIHARA HARGA DIRI TETANGGA Corona Covid-19 Curiculum Vitae CV Dagang Dakwah dan Inovatif dan Mengenal Akor dan Rubrik pelaksanaan observasi kelas Kegiatan Pendahuluan dangdut Dari Bos Menjadi Partner”Dulu Dari Rumah Bisa Bisnis Daring Debat DEEP LEARNING Deep learning selalu dimulai dari surface learning Dejavu + Band dengan Dermawan Design Blog Design Kostum Dewasa di SMA diam Diam itu Emas Digital Digital Marketing Diklat Nasional Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Kuantan Singingi Dinas Pendidikan Kuansing Disbud Par Kuansing DKC DKC Kuantan Tengah DKKS DMI Kuansing Doa Doa Anak Anak Doa Apresiasi Seni Doa Ibu Doa Istri Doa yang bisa di gunakan saat tawaf umrah 7 Keliling Doaku Doktor Dokumentasi Dosen Download Duka Dunia E-KIN E-KTP Educator Edukasi Edukasi Islam EKIN Ekspose Elly Risman Emak Enam Encore Enggan Sedekah Entrepreneur Entrepreneur BP Entrpreneur 𝐄𝐫𝐚 𝐃𝐢𝐬𝐭𝐫𝐮𝐩𝐭𝐢𝐟! Etika Even Nasional Facebook Family BP Fasilitator Fast Class FB Festival Guru Film Pendek Filsafat Finish beribadah bukan 1 Syawal Fiqih FLS2N FLS2N SMA FLS2N SMA KUANSING FLS2N SMA/MA Fokus Formasi CPNS Formulir Pendaftaran Forum Guru Seni SMP SMA Provinsi Riau Forum Literasi Kuansing Founder BP Founder Madu Vicella Full Day Futsal Gadget Gaji Gambar Gelar Gembira Datangnya Ramadhan_Ustadz Lasmiadi Gerakan Literasi Kuansing Gerakan Subuh Berjamaah Gesit Digital Gitar Solo Google Green Teacher growth mindset Grup Band Grup Musik Kuansing Guru Guru Bahasa Inggris Guru Berkarya Guru Literasi Guru Literat Guru Menulis Guru Motivator Guru Musik Guru Pembelajar Guru Penggerak Guru Penggerak Inspirasi Negeri Guru Pengusaha Guru Penulis Guru Proaktif 𝐆𝐮𝐫𝐮 𝐏𝐫𝐨𝐝𝐮𝐤𝐭𝐢𝐟 Guru Seni Budaya Guru Seni Musik Guruku Guruku Mulia Guruku Terbaik H. Sukarmis Habit Hadiah Tak Ternilai untuk Orang Tua: Menjaga Ketaatan pada Allah Haji Plus Halal Halal Mart Hang Nadim Happy Anivesary Happy Anniversary Harapan Hargai Hari Besar Hari Guru Nasional Hari Pertama Hari Ulang Tahun Pernikahan Harmonis Harta HARVARD UNIVERSITY Hati HATI DAN JIWA Hebat Herbal Hidup Sukses Hijrah Hikmah HNI Hoax HORMATI TETANGGA HPAI Hukum Humas Humas SMAN 1 Sentajo Raya Humas SMAN Pintar Hut HUT GURU HUT Pernikahan HUT RI Hutang Hymne Ibrah Ibu Idul Adha IG IGI iGI Riau IHT Ikatan Alumni Pascasarjana UM Sumbar di Kuansing Ikhlas IKTIKAF (Ibadah Khusus Tafakur pada Ilahi yang Khusyuk dan Fokus) Ilmiah Ilmu Ilmu Agama Ilmu Agama Islam Ilmu Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Agama Ilmuwan Imam Al Gazali Imam Syafi'i Iman Imtaq Indah Indonesia Indonesia Pusaka Info Info Bisnis Info Indonesia Info Sekolah Inggris Inspirasi Inspiratif Ciptakan Instropeksi Instropeksi Diri Instrument Interaktif Inti dan Penutup Ippho Santosa IQRO' ISI Padangpanjang Islam Islam Agamaku Islami ISMUBA Isra Mi'raj ISTIDRAJ Istiqamah istri Rasulullah Istri Sholehah IT Jaga Anak Anak Jaga Kesehatan Jakarta JALUR JANGAN GAMPANG KAGUM Jangan Lelah Untuk Terus Berbuat Baik jazz Jembatan Merah Jembatan Merah Music Dance Course Jembatan Merah Shop JM 83 STUDIO JM Musik n Sport JM Studio JMMDC Juara Juara 1 Juara Design Juara SMAN Pintar Jujur Jurnal JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-7 Jurnalis Kab. Kuansing Kab.Kuansing Kabupaten Kuantan Singingi Kacang Lupa Kulitnya Kadis Pendidikan Kajian Kajian Ilmiah Islam Kakak Kandungku Tercinta Di Momen Lebaran Kalender/tahapan pengelolaan kinerja Guru dan Kepala Sekolah tahun 2025 Kalimat Kampus Terbaik Di Sumatera Barat Kantor Perwakilan Teluk Kuantan Karakter Karya Karya Buku Karya Cipta Karya Literasi Karyaku Kata Kata KATA-KATA MOTIVASI YANG IDEALIS KATA-KATA UNTUKMU Kaya Kayuah Keagamaan Kebaikan Kecerdasan Kedewasaan Kegiatan Jum'at Kegiatan Keagamaan Kegiatan Seni Kegiatan SMAN Pintar Kehidupan KEHORMATAN Kejahatan Sekolah Kekayaan Hati Kelas Kelas X Kelas XI Kelas XII Keluarga Keluarga BP Keluarga Tercinta Keluargaku KEMERIAHAN MILAD KE 112 MUHAMMADIYAH di KUANTAN SiNGINGI: (*_Menghadirkan Kemakmuran Untuk Semua_*) Kemitraan KENAPA PEMUDA SEKARANG OGAH MAIN-MAIN KE MASJID ?? Kepala Sekolah Kepemipinan Kesehatan Keseruan dalam Pembelajaran Keteladanan Keterampilan Keterampilan Guru Ketua Ketua Kombel Kayuah Narsum BNN Kab. Kuansing Tentang Literasi Digital P4GN KH. Ahmad Dahlan Khatib Jumat Khutbah Jum'at Khutbah Jumat Kisah Kisah Hikmah Kisah Inspiratif Kisah Motivasi Kisah Nabi Kisah Nyata Kisah Para Alim Kisah Sukses Kisah Ulama Kisi Kisi Soal KISI KISI SOALSENI BUDAYA ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG KELAS XII TAHUN 2024 Kolaborasi Kombel Kayuah SMAN 1 Sentajo Raya Komisi Budaya Islam Komite Komposser Arangger Komunitas Belajar Komunitas Bisnis Komunitas Bisnis BP Komunitas BP Komunitas BP MOST SBM Komunitas Guru Penggerak Provinsi Riau Komunitas Kuansing Komunitas MOST BP Komunitas Proaktif BP Komunitas Quizizz Riau Koneksi Antar Materi KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.3 Koordinator Kopdar Kopdar BP Kopi Kopi Rempah Koreksi Diri Kosmetik Herbal Kostum Tari Kota Padang Kota Taluk Kuantan Kuansing Kreatifitas Seni Kreatiftas Seni KS TV (KUANSING TV) KTP Elektronik Kualitas Kuansing Kuansing Maju Berkat Langkahmu Kuansing Terkini Kuantan Hilir Kuantan Mekar Kuantan Singingi Kuantan Singingi. Kuansing Kuantan Tanah Tumpah Kuantan Tengah Kuliah Daring Kuliah Online Kultum KUMPULAN LINK TUGAS LMS PMM CGP Kunci Kemajuan Kunci Sukses Kurator Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka Belajar kurikulum merdeka. Kursus Musik Kursus Tari Kutipan tentang membaca dan buku Labersa Waterpark Lagi Viral Lagu Guru Penggerak langkah LANGSUNG DARI HEAD OF INSTAGRAM Laporan Latihan LATIHAN SOAL KELAS X ASESMEN SUMATIF SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SMA NEGERI SENTAJO RAYA LATIHAN SOAL KELAS XI ASESMEN SUMATIF SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SMA NEGERI SENTAJO RAYA LATIHAN SOAL KELAS XII ASESMEN SUMATIF SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SMA NEGERI SENTAJO RAYA LC. Leader Leadership Learning Daring Lebaran Lebih Dekat LELAH YANG DISUKAI ALLAH Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab Lembaga Seni Budaya Libur. LIPIA Lirik Lirik Lagu Lirik: Ronaldo Rozalino lisan Literasi Literasi Digital Literasi Digital dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dengan Keterkaitan Social Media LMS Logika Logo Lokakarya Lokakarya 7 Lomba Menulis Lomba Seni Musik Lomba Tari Kreasi Berkelompok LPMP Riau M.Pd M.Pd (Dosen UNIKS dan Pengurus MUI Kab. Kuansing) M.Pd_ Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau MA Madinah Madinah Al Munawarah Mading Online Madu Madu Asli Madu Hutan Madu Hutan Murni Madu Murni Madu Murni dan Asli Madu Vicella Majlis Ilmu Majlis Subuh Majlis Subuh_Karakter Ajaran Islam Makalah Makkah Al Mukaramah Mama Manajemen Manajemen Pertunjukan Mande Manfaat Manfaat Program Pendidikan Guru Penggerak Manganyam Manusia Marketing Mars Masa Anak-Anakku Masa Depan Masa Orientasi Siswa masjid Masjid Raya Masjid Raya Pasar Taluk Kuantan Masjidil Haram Master BP Master Of Selling Master Selling Of Team Masyarakat Tanpa Riba Materi Materi ajar lengkap mengenai Manajemen Pertunjukan Seni untuk kelas XII SMAN 1 Sentajo Raya Materi Musik Vokal Materi Pembelajaran Materi Seni Budaya Materi tentang belajar vokal Maulid Nabi SAW Mawadah Media Media Inovatif di Media Sosial Mekah Mekkah Melayu Memaknai Pergantian Tahun 2024Sejauh Mana Aqidah Kita? Ust. Dr. Ahdanan Saleh Membaca Membangun Membuat Buku membuat Website mendidik menginput 3 Aspek perilaku Menjadi Guru Mentor 5 Benua Menulis Menulis Buku Menunda Merdeka Belajar MERDEKA MENGAJAR Mesjid MGMP Seni Budaya SMA MGMP Seni Budaya SMA Kab. Kuansing MGMP Seni Budaya SMA/SMK/MA se Riau MH Mid Semester Milyarder MIM Teluk Kuantan Minangkabau mindset Mindset Bisnis Mitos Mitra BP Mitra Ippho Santosa Model Pendidikan Modul Modul 1.1 Modul 1.2 Modul 1.3 Modul 1.4 Modul 2.1 Modul 2.2 Modul 2.3 Modul 3.1 MODUL 3.2 Modul 3.3 Modul Ajar Manajemen Pertunjukan Seni Kelas XII SMAN 1 Sentajo Raya Modul Ajar Seni Musik Modern: Eksplorasi Instrumen dan Kreativitas Modul Ajar Seni Musik: Pengembangan Vokal Modul Projek Mompreneur MOS MOST MOST BP Mother Motivasi Motivasi Agama Motivasi Bisnis Motivasi Diri Motivasi Hidup Motivasi Islami Motivasi Kehidupan Motivasi Pendidikan Motivasi Sukses Motivator Motivator Literasi Motivator Literasi Edukasi Motivator Literation Motivpreneur Muanfik Mudah Muhammadiyah Muhammadiyah Gerakanku Muhammadiyah Kuansing Muhasabah Muhasabah Diri MUI MUI Kab. Kuantan Singingi) MUI Kuansing Muliakan Orang Tuamu Sebelum Terlambat Murid Musahabat Musibah Musik musik klasik Musik Rarak Godang Musik Tradisional Musik Vokal Musim Muslim Musyda Muhammdiyah MVKS Nabi Muhammad SAW Nafsu Narasumber Narkoba Nasihat Nasihat Agama Nasihat Diri Nasihat Kehidupan Nasional Negeri Kuantan Singingi New Normal Ngopi Paste Nilai Kebaikan Nilai Sebuah Botol _ Delfira Yusrila Dewi Non Akademik Non Copy Paste Notasi Obat Objek Olah Raga Olimpiade Sains Nasional Olimpiade Sains Nasional Kabupaten Olimpiade Sains Nasional Provinsi Ongky Hajanto Online Online Berbasis IT Optimalisasi Orang Bijak Orang Tua Orchestra Indonesia Orflame Oriflame Original OSIS OSN Otak Owner P4GN P4TK Seni Budaya P5 Pacu Jalur Paduan Suara Pagaleran Karya Seni Tari Pahala Pahala Khatam Al Qur’an di Bulan Ramadhan Pahala Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan Paham Pahami PAI PAKASERI PAKASERU PALSU Pameran Pameran Karya Seni Rupa Pandemi Panen Hasil Belajar Panen Karya PANPEL FLS2N SMA Panti Asuhan Papa Parenting Pariwiasata Pascasarjana Pascasarjana UM Sumatera Barat Pascasarjana UM Sumatra Barat Pascasarjanna Paskibraka Paskibraka 2010 Pawai Budaya PD Muhammadiyah Kuansing PDM Kuansing Pebisnis Pebisnis Indonesia Pecinta Shalawat Pedagang Pedagang BP PEDAGANG TEH TELUR YANG SERING KENA CIBIR ITU BERNAMA ENGKU RAOH Pekanbaru PELAJARAN BERULANG TENTANG CINTA DAN BENCI Pelatihan Musik Peluang Bisnis Peluang Usaha Peluang Usaha. Pemakmur Masjid PembaTIK 2023 Pembelajar Pembelajaran Pembelajaran Daring pembelajaran RPP/Modul Ajar Pembelajaran Tanpa Batas Pembina Pembinaan BP Pemburu Sertifikat Pemikiran Pemimpin pemimpin adalah bos. PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA Pemuda Pemula Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Pencerah Pencetak Pengusaha Pencinta Qur'an Pendekatan deep learning Pendidik Pendidik Penggiat Literasi Indonesia Pendidikan Pendidikan Agama Islam Pendidikan Guru Penggerak Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 pendidikan sejati bukan hanya soal memberikan pengetahuan atau keterampilan intelektual PENDIRI MUHAMMADIYAH DAN BIOLA Penegak Penerbit Pengajar Praktik Pengalaman Pengawas Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid Pengembanga Diri Pengembangan Diri Pengembangan Kompetensi Pengenalan Alat Musik Keyboard Pengetahuan Pengetahuan dan Kebijaksnaan Penggiat Literasi Penggiat Literasi Kuansing Penggiat Tanpa Riba Penghargaan Penguatan Pengukuhan Pengumuman Pengurus Pengusah BP Pengusaha Pengusaha BP Pengusaha Indonesia Pengusaha Muslim Indonesia Pengusaha Muslim Sukses Pengusaha Sukses PENSIBU 2022 Pensiun Penulis Penulis Mega Best Seller Penyanyi Potensial Pepatah dari berbagai negara: Perguruan Tinggi Negeri Perjuangan Persahabatan PERSAUDARAAN KAKAK & ADIK Pertemanan Pertunjukan Pertunjukan Seni Perubahan Inilah Wajah baru Pengelolaan Kinerja di Aplikasi PMM ini terjadi mulai tanggal 1 Februari 2024 Peserta Didik PGP PGP Angkatan 10 PGRI PGRI Kuansing Photo Photograpy PIN PINTAR Pisah Sambut Plato PM PMM PNS PON Pondok Pesantren Pondok Pesantren Syafaaturrasul Putra 2 Pondok Pesantren Syafaaturrasul Putra 2 Teratak Portal Online Positif Thingking Postingan Pp Syafaaturrasul PPDB PPDB SMAN PINTAR 2013 PPPK Pps UMSB Praktik Baik Pramuka Prestasi Prestasi Seni Prestasi SMAN Pintar Prestasi SMAN Pintar 2011 Proaktif Proaktif Milyarder Produk Produktif Profesor Profil Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Singkat PROFIL SMAN FINTAR Program Program jangka pendek dan jangka panjang untuk wakil kesiswaan. Program jangka pendek dan jangka panjang yang dapat diterapkan oleh Wakil Kurikulum Program jangka pendek dan jangka panjang yang dapat diterapkan oleh Wakil Sarana Program yang berdampak_Program Guru Penggerak Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) PROMOSI Prond Proses Provinsi Riau PSAJ Psikis Psikologi PT. Arminareka Perdana Puasa Publice Speaking Publikasi Puisi Purna Pustaka Pribadi Putra Budaya Indonesia 2024 Qouplepreneur Raimunas Raimunas 2023 Ramadhan Randai Rarak Godang Rasulullah Refleksi Regenerasi Tangguh reggae Rektor UM Sumatra Barat Religi Religius Rendah Hati Renungan Renungan Hidup RENUNGAN KEHIDUPAN Reseller Rezeki RHK Riau Riaupos Riba Riya rock Ronaldo Rozalino Ronaldo Rozalino. S.Sn. RPD RSUD Rumah Allah S S 2 S.Ag. S.Pd.I S.Pd.I. S.Sn. Sabar Sadari Sahabat Sahur Sakinah Sakit SALAH SATU PENYEBAB DIRIMU MERASA TIDAK BAHAGIA Sama Sambutan Sang Juara Sang Perintis Sanggar Seni Sanggar Seni Kuantan Mekar Sanggar Seni Kuantan Mekar - SSKM Sanggar Seni Kuantan Mekar (SSKM) Sanggar Seni Seraja Kuantan Sanggar Seni Seroja Sanggar Tari Santr Mandiri Santri Santri Berkarakter Santri Cerdas Santri Hebat Santri Keren Santri Mandiri Sarang Lebah Hutan Sastra Saudara SAYANGI ORANG TUAMU Sayyidah Aisyah SBM Sedekah Sejarah Sejarah SMKN 1 Teluk Kuantan Sejarah STM Sekolah Sekretaris Umum Semangat Seminar Seminar Bisnis Seminar BP Seminar Pendidikan seni Seni Budaya SENI BUDAYA ISLAM Seni Film Seni Musik Seni Musik Islami Seni Rupa Seni Sastra Seni Tari Seni Teater Senim] Seniman Senin Sentajo Raya SEO Sertifikat Shalat Shalat Subuh Shaleh SIFAT Silaturahiim Silaturahmi Sistem Bleanded Learning Siswa Siswa Baru SMAN Pintar Siswa SMAN Pintar SK SKP 2024 SMA SMA N 1 Sentajo Raya SMA Negeri 1 Sentajo Raya SMA Pintar SMAN 1 Sentajo Raya SMAN 1 Sentajo Raya Juara 1 SMAN 2 Teluk Kuantan SMAN Kuansing SMAN Pintar SMK Bisa SMK Hebat SMKN 1 Teluk Kuantan SMPN 2 Teluk Kuantan SMS Gratis SMS Ramadhan Sn. Soal Soal Latihan Soal Musik Social Media Society 5.0 Software Solusi Kesehatan Solusi Usaha SOMBONG Song Sosial Budaya Sosmed Sosok Spirit Spirit Kemajuan SSKM STM Stock Center Strategi Studio Musik Suami Suara Manusia Sukses Suku Minang Suku Minangkabau Sumatera Barat Sumber Digital Sunah Nabi Super Canggih Suplemen Kesehatan Surat Surat Keputusan SURGA Syair lagu Syiar Islam Tahajud TAHAN BANTING Tahun Baru TAKABUR Tanah Tanah Suci Tangga Lagu Tari Tauhid Tausiyah Tausiyah Agama Tausiyah Islam Modern Tausiyah Singkat Teacherpreneur Teacherpreuner Teeima Kasih BGP Riau teknik bernyanyi yang baik dan benar dan kenapa perlunya belajar vokal di kelas X SMA Teknik Vokal Teladan Teluik Kuantan Teluk Kuantan Tema. Baik Teman Tenaga Pendidik TENANG Tenis tentang Hidup Berkelanjutan Selaras dengan Alam Teratak Terima Kasih Terpilih Menjadi Guru Konten Riau Terus Maju Dalam Berusaha Thoyib THR Tiktok TINGKAT ISTIQOMAH TERSULIT Tips Tips Sehat Tips Trik TMII Toko TOKO JEMBATAN MERAH Toko Vicella Media Tokoh Mahasiswa TP. 2023/2024 Tradisi Kuansing Tradisional Trainer Treads Trik Tua Tugas Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Wakil Humas SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Wakil Kesiswaan SMAN 1 Sentajo Raya Provinsi Riau Tugas pokok dan fungsi guru piket di SMAN 1 Sentajo Raya Tugas Pokok Fungsi Tujuan Program Pendidikan Guru Penggerak Tulisan Tulisan Bisnis Tulisan Ippho Santosa Tulisanku tulus ikhlas Twitter Uang Uang Tambahan UAS Ucapan Ujian Nasional Ujian Semester Ulama Ulang Tahun Pernikahan UM Sumatera Barat Umroh Umroh & Haji Plus Umroh Haji Plus UMSB Unik Universitas Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Upacara Upacara Bendera Upacara Bendera Senin Usaha Usaha Sampingan Usia Usia Senja Ustadz Ustadz Dr. Hamdani Purba Ustadz H. Bahrul Aswandi Ustadz Lidus Yardi Ustadz PDM Muhammadiyah Vicella Madu Vicella Media Family Vicella Media Shop Video Video Pemanfaatan Quizizz Viola Viola Utari Putri Violino Ridho P Violino Ridho Putra Virual Virus Corona Visi Misi Vokal Vokal Solo Wabah Corona Warahmah Waspada Wawasan Webinar Webinar Nasional Weblog Website Wendi Abdillah WIKE JULIA Wisata Kuantan Singingi Wisata Riau Wisuda S2 Workshop Writerpreneur Writter Wrtitter yang Merdeka Yasinan Yayasan Yayasan Mesjid Raya Teluk Kuantan Yeyen Febrina YeyenFebrina Yogyakarta YouTube

My Facebook

Best Friend

Bisnis Online Succes (BOS)

BP Grup

BP Grup
British Propolis

Kontak Whats Up (WA)

Kontak Whats Up (WA)
085363554777

Blog Archive