Syawal Berarti Peningkatan
Momen lebaran yang sudah kita nantikan setelah berpuasa selama satu bulan penuh kini telah berlalu. Saat ini, kita sedang memasuki bulan syawal. Untuk itu, saya mohon maaf lahir dan batin apabila ada salah maupun khilaf selama ini yang tergores dalam tulisan maupun ucapan dan menjadikan teman-teman tidak berkenan.
Secara etimologi, syawal berarti peningkatan atau dengan kata lain menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka, dengan masuknya bulan syawal harusnya kita juga memiliki semangat yang baru untuk menjadi lebih baik, khususnya dalam bisnis yang sedang kita kerjakan saat ini.
Namun, yang sering terjadi adalah sebaliknya. Di bulan syawal seringkali banyak orang yang mengeluhkan sulitnya mencari penghasilan atau bisnis yang sebelumnya dikerjakan kini hanya tinggal kenangan. Ada yang seperti itu? Semoga tidak terjadi pada kita ya.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya akan berbagi lima cara mudah dalam mengembangkan sebuah bisnis. Khusunya untuk kita yang saat ini ingin agar bisnisnya terus eksis meski banyak yang mengatakan sedang terjadi krisis.
Adapun kelima cara yang bisa kita lakukan antara lain:
1. Membuat perencanaan bisnis yang tepat.
Program kerja merupakan salah satu bentuk dari perencanaan bisnis. Dengan adanya program kerja, maka sebuah bisnis akan lebih terarah dan terhindar dari pemborosan. Selain itu juga dapat memudahkan dalam menentukan kegiatan operasional, biaya, tujuan dan peluang yang akan diambil nantinya.
2. Memiliki standar operasional prosedur.
Salah satu hal yang sangat penting jika kita ingin mengembangkan sebuah bisnis yaitu dengan menciptakan standarisasi kerja. Karena hal ini dapat memastikan pelayanan agar tetap baik, serta konsisten dalam melakukan strategi pemasaran. Selain itu hal tersebut juga memudahkan dalam melakukan kontroling pada bisnis yang sedang kita jalankan.
3. Melakukan segmentasi pasar.
Jika kita ingin mengembangkan sebuah bisnis, maka hal berikutnya yang harus kita lakukan yaitu membidik pasar tertentu yang sesuai dengan _value_ produk. Karena semakin spesifik segmen pasar yang kita kerjakan, maka _value_ dari produk yang kita miliki juga akan semakin besar dirasakan oleh pelanggan. Karena setiap _segmen market_ memiliki kebutuhan yang berbeda, maka kita harus menyesuaikan dalam memenuhi kebutuhan tersebut serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat.
4. Meningkatkan penggunaan internet.
Saat ini internet hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.
Untuk itu, kita harus menyadari dan menjadikannya sebagai salah satu strategi dalam peningkatan usaha. Salah satunya, bisa digunakan sebagai strategi pemasaran agar jangkauan pasar bisa semakin luas. Hal ini juga dapat menjadikan usaha berjalan lebih efektif, efisien dan memiliki visibilitas yang tinggi serta dapat menghemat anggaran.
5. Meningkatkan kapasitas teknologi informasi.
Dunia teknologi informasi saat ini telah terkait oleh banyak hal, salah satunya dalam sebuah proses industri. Dari mulai tingkat produksi sampai konsumsi, dari pemasaran sampai keuangan, semuanya membutuhkan kemajuan di bidang teknologi informasi agar proses usaha berjalan lebih cepat dan segala keputusan maupun perencanaan bisa diambil secara tepat.
Transaksi keuangan, invoice, pembukuan, bahkan pengelolaan stock dan penjualan saat ini bisa lebih mudah jika kita menggunakan bantuan teknologi informasi. Maka sudah saatnya bagi kita untuk mengenal, memahami dan menggunakan kecanggihan teknolgi informasi untuk memudahkan kita dalam usaha mengembangkan sebuah bisnis.
Demikian beberapa informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bisa dipahami dan langsung dipraktekkan dalam mengembangkan bisnis yang kita miliki.
*Eko Nugroho.*
Posting Komentar
Komentar ya