Tulis Rencana Kamu, _Action_ Rencana Kamu
Kira-kira kita sepakat nggak judul di atas? Jadi begini, secara logika kebiasaan diri kita biasanya sesuatu yang direncanakan aja nggak selalu berhasil, apalagi kalau nggak direncanakan. Iya apa iya?
Oleh sebab itu, penting banget buat diri kita untuk melakukan perencanaan untuk sebuah tujuan atau impian. Artinya tetapkan dulu tujuannya, istilahnya mulai dari akhir. Setelah itu rencanakan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan.
Supaya rencana tidak jadi sekedar wacana, kita perlu menuliskannya. Iya musti ditulis. Karena dengan menuliskannya, akan lebih mudah bagi kita untuk mengelola dan mengevaluasinya.
Dengan menulis, pikiran kita juga bisa terhindar dari _overthinking_ yang bisa menyebabkan kita menjadi tidak produktif. Karena namanya pikiran itu tempat untuk berpikir, bukan mengingat. Jadi kita perlu memiliki memori eksternal berupa buku catatan, tulisan atau buku harian.
Tentu setelah menulis, kita tidak hanya sekedar membacanya, tapi menjalankannya. Rencanakan apa yang akan kita lakukan, lalu lakukan apa yang sudah kita rencanakan.
Saya berikan contoh sederhana dalam bisnis kita ini. Misal: setiap pagi kita pengen komunikasi dengan pelanggan atau mitra, ya buat aja catatan kecil harian kamu. Tulis dan berikan tanda centang ketika sudah dihubungi. Begitupula dalam hal memprospek calon pelanggan atau mitra, juga musti ditulis dan di evaluasi dengan berikan catatan di atas. Jadi sebenarnya adalah sederhana, bagi kita untuk terus pengen bertumbuh dalam menjalani bisnis yaitu _planning_ kemudian _action_ lalu evaluasi.
Rata-rata dengan trik sesederhana ini setiap kita punya peluang yang sama akan percepatan pertumbuhan bisnis tentunya. Yang terpenting adalah istiqomah dalam menjalaninya.
Semoga bermanfaat.
*Kusmardi Setiawan*
Posting Komentar
Komentar ya