Materi: Kearifan Lokal Seni dan Budaya dalam Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka
Pendahuluan:
Kearifan lokal seni dan budaya memiliki peran penting dalam Kurikulum Merdeka, khususnya pada kegiatan P5 (Pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan). Pemahaman dan pengaplikasian kearifan lokal ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga mendorong keberagaman dan memupuk rasa cinta tanah air.
Definisi Kearifan Lokal:
- Kearifan lokal merujuk pada pengetahuan, nilai-nilai, dan praktik-praktik tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi di suatu daerah atau masyarakat tertentu.
- Dalam konteks seni dan budaya, kearifan lokal mencakup seni rupa, musik, tari, sastra, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.
Tujuan Integrasi Kearifan Lokal dalam P5:
1. Pemahaman Identitas Budaya:
- Mengenalkan siswa pada warisan budaya dan seni lokal untuk memahami identitas dan kekayaan kultural bangsa.
2. Pengembangan Kreativitas:
- Mendorong siswa untuk mengapresiasi dan menggali inspirasi dari seni tradisional dalam kegiatan berkreasi.
3. Pengayaan Pengalaman Belajar:
- Menyediakan pengalaman belajar yang beragam dan relevan dengan realitas sosial dan budaya siswa.
Metode Pembelajaran:
- Pembelajaran Aktif:
- Melibatkan siswa dalam kegiatan praktik, seperti membuat karya seni, menyanyikan lagu daerah, atau menari tarian tradisional.
- Proyek Kolaboratif:
- Mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam proyek seni dan budaya yang memanfaatkan kearifan lokal mereka.
Contoh Kegiatan P5:
1. Seni Rupa:
- Membuat lukisan atau karya seni yang terinspirasi oleh motif-motif tradisional lokal.
2. Musik dan Tari:
- Belajar memainkan alat musik tradisional atau menari tarian daerah dengan bimbingan guru atau ahli seni lokal.
3. Sastra Daerah:
- Membaca, menganalisis, dan menulis karya sastra dengan tema lokal untuk menggali kekayaan sastra daerah.
Evaluasi:
- Portofolio Kreatif:
- Siswa menyajikan hasil karyanya dalam bentuk portofolio kreatif yang mencerminkan penggunaan kearifan lokal.
Kesimpulan:
Integrasi kearifan lokal dalam kegiatan P5 Kurikulum Merdeka tidak hanya membangun keterampilan seni dan budaya, tetapi juga mengembangkan karakter siswa yang mencintai dan melestarikan warisan budaya bangsa.
Semoga materi ini dapat memberikan panduan dalam mengimplementasikan kearifan lokal dalam kegiatan P5 Kurikulum Merdeka.
Salam Kurikulum Merdeka
Salam Seni Budaya
Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd
*CGP Angkatan 10 Kab. Kuansing, Riau
*Guru Seni Budaya SMAN 1 Sentajo Raya
*Wakil Ketua IGI Kab. Kuansing
*Ketua Komisi Seni Budaya Islam MUI Kab. Kuansing
*Ketua Lembaga Seni Budaya PD Muhammadiyah Kab. Kuansing
*Sekretaris DKC Kuantan Tengah
Posting Komentar
Komentar ya