*7 Jurus _Closing_ Dahsyat*
Metode penjualan saat ini sudah beraneka ragam. Sebagai seorang penjual, kita selalu _update_ agar teknik yang kita kuasai menjadi daya tarik calon konsumen kita dalam berinteraksi.
Saat ini pola _marketing_ sudah meluas, banyak cara dan metode penjualan. Dari serapan disiplin ilmu yang saya dapatkan, ada beberapa tips yang ingin saya bagikan kepada temen-temen terkait penjualan.
Dalam hal ini, yaitu teknik _closing_ yang aplikatif dan inovatif. Kali ini di sesuaikan dengan bisnis kita di British Propolis.
1. Kenali _marketnya_
Setiap orang yang kita temui, bisa memiliki karakter yang berbeda-beda dengan manusia lainnya. Begitu juga dengan target _market_ kita. Maka perlakuan terhadap mereka pun bisa berbeda. Kenali dulu karakter dari komunikasinya atau gayanya, lalu sesuaikan dengan cara jualan kita.
2. Sesuaikan cara pendekatannya
Karena karakter setiap target _market_ berbeda-beda, maka kita juga perlu menyesuaikan cara pendekatannya, jangan disamaratakan. Karena pendekatan ini sangat penting untuk hubungan jual-beli jangka panjang, maka kita perlu memperhatikan hal ini. Sering kali teknik selalu di ulas oleh _mentor,_ tinggal kitanya butuh jam terbang dalam hal mempraktekannya.
3. Gali persoalan, pahami kebutuhan
Supaya kita bisa memberikan solusi yang tepat, maka kita perlu menggali apa yang menjadi persoalan target market. Tanyakan apa yang menjadi persoalan mereka lalu dengarkan mereka, berusahalah untuk empati terhadap persoalan yang mereka hadapi. Jangan langsung menawarkan produk, luruskan niat untuk membantu mereka, edukasi perlahan-lahan. Perlu jalin hubungan yang interaktif, agar nyambung dan asyik. Ingat kita jualan dalam rangka memberikan solusi dan manfaat kepadanya.
4. Beritahu solusinya
Setelah kita tahu tentang persoalan dan apa yang dibutuhkan, selanjutnya kita bisa memberikan solusi. Berikan banyak solusi, entah itu tips, cara ataupun bentuk solusi lainnya yang bisa menyelesaikan persoalan mereka. Bisa melalui cerita dan contoh nyata solusi dalam memenuhi kebutuhannya.
5. Tawarkan produk
Setelah kita memberikan solusi, baru kita menawarkan produk yang juga bisa menyelesaikan persoalan atau memenuhi keinginan mereka.
6. Edukasi benefitnya
Beritahukan manfaat atau keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan setelah menggunakan produk kita. Jadi, yang dijelaskan bukan hanya sekedar fitur (bahan, warna, komposisi dan sebagainya), tapi juga benefitnya (manfaat yang didapatkan). Jangan fokus menceritakan hebatnya produk kita, tapi keuntungan apa yang bisa kita berikan melalui produk untuk mereka. Dengan memberikan manfaat maka menjadikan calon lebih yakin dan akan _closing._
7. Tunjukkan testimoni yang relevan
Tunjukkan beberapa testimoni yang masih berhubungan dengan persoalan _market_ kita. Karena _customer_ akan lebih percaya apa kata orang, daripada apa kata penjual.
Sekian tips dari saya, semoga kita bisa menerapkan untuk memperbesar potensi terjadinya _closing._
Ingat, fokus kita membantu orang lain untuk memberikan solusi, bukan memenuhi ego sendiri dengan hanya sekedar mencari keuntungan semata.
Sekian, semoga bermanfaat.
Sahabat RPC
Posting Komentar
Komentar ya